PUST2132 adalah modul untuk kuliah jurusan perpustakaan yang berjudul Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia. Di sini saya share sekaligus mendokumentasikan soal latihan untuk materi tersebut.
Klik link di bawah ini untuk melatih kecerdasan anda sebagai mahasiswa Jurusan Perpustakaan
Soal Latihan
Maaf link di atas error
Sementara ini dulu, semoga bermanfaat dan membantu. Selamat Belajar
Klik link di bawah ini untuk melatih kecerdasan anda sebagai mahasiswa Jurusan Perpustakaan
Soal Latihan
Maaf link di atas error
1. Pengertian perpustakaan secara umum adalah ...
A. Instansi yang didalamnya tercakup unsur informasi, proses, simpan dan pemakai | |
B. Suatu tempat untuk menyimpan berbagai bentuk benda yang mempunyai arti tertentu | |
C. Suatu instansi yang dipercaya untuk menyimpan dokumen-dokumen penting suatu negara | |
D. Instansi yang berperan aktif dalam menyimpan hasil aktivitas suatu bangsa |
2. Perpustakaan mempunyai fungsi pendidikan, karena perpustakaan merupakan tempat untuk . . .
A. menemukan informasi tertentu | |
B. belajar sepanjang hayat | |
C. mempelajari dokumen-dokumen kenegaraan | |
D. menyimpan dokumen-dokumen penting suatu instansi |
3. Perpustakaan pertama kali berdiri di Indonesia masih belum diketahui dengan pasti, walaupun sudah banyak karya tulis yang ditinggalkan dan disimpan karena karya tersebut. . .
A. dipakai oleh orang tertentu | |
B. digunakan semua orang | |
C. hanya disimpan saja | |
D. banyak yang dimusnahkan |
4. Pusat Deposit dan Konservasi menurut Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional tahun 2001 termasuk dalam Deputi bidang. . .
A. Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi | |
B. Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan | |
C. Pengembangan Tenaga dan Kerjasama Perpustakaan | |
D. Pengembangan Sistem Perpustakaan dan Pengendalian |
5. Layanan yang dilakukan di Perpustakaan Nasional adalah layanan ruang baca, karena koleksi Perpusnas RI merupakan koleksi ...
A. deposit | |
B. umum | |
C. pinjaman | |
D. jaringan |
6. Pembinaan terhadap berbagai jenis perpustakaan yang ada di Indonesia belum mempunyai standar yang baku, karena ...
A. belum mempunyai sistem pengelolaan yang terpadu dan menyeluruh | |
B. tidak ada kesatuan penyelenggaraan perpustakaan | |
C. belum mempunyai kendali kualitas perpustakaan | |
D. pengembangan perpustakaan selalu terpadu |
7. Perpustakaan Nasional RI perlu mengadakan Jasa penelusuran informasi, karena koleksi Perpusnas RI adalah ...
A. koleksi deposit | |
B. koleksi naskah kuno | |
C. informasi digital | |
D. informasi nasional |
8. Minat baca masyarakat perlu mendapat perhatian dan pembinaan oleh Perpustakaan Nasional RI, dimaksudkan agar. . .
A. masyarakat ikut mengembangkan perpustakaan | |
B. masyarakat mulai mencintai buku sebagai sumber informasi | |
C. masyarakat memperhatikan perkembangan perpustakaan | |
D. masyarakat tidak buta perkembangan informasi yang ada |
9. Kebijakan nasional di bidang perpustakaan perlu dibuat, karena kenyataan yang ada sekarang pengembangan berbagai jenis perpustakaan ...
A. belum menurut standar | |
B. sesuai standar yang ada | |
C. mengikuti perkembangan luar negeri | |
D. sesuai kemauan masing-masing perpustakaan |
10. Faham yang melakukan kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian yang tinggi dan rasa keterpanggilan, pengertian dari ...
A. profesional | |
B. profesi | |
C. profesionalisme | |
D. prosesi |
11. Pelaksanaan kegiatan perpustakaan yang berdasar keahlian, rasa tanggung jawab dan pengabdian, merupakan pengertian profesionalisme . . .
A. perpustakaan | |
B. pustakawan | |
C. akademis | |
D. struktural |
12. Penilaian atas suatu kegiatan yang telah dilakukan dan dapat diperhitungkan dalam kenaikan jabatan adalah ...
A. nilai ujian | |
B. nilai pokok | |
C. angka kredit. | |
D. angka nominal |
13. Pustakawan yang bekerja i unit/instansi perpustakaan dan dokumentasi sebelum tahun 1988, maka pengangkatannya dilakukan secara ...
A. otomatis | |
B. inpasing | |
C. pengangkatan pertama | |
D. pengumpulan angka kredit |
14. Salah satu keuntungan jabatan fungsional pustakawan adalah diterimanya . . .
A. Surat Keputusan dalam Jabatan | |
B. Tunjangan jabatan fungsional pustakawan | |
C. Jabatan struktural dalam unit perpustakaan | |
D. Surat Keputusan menduduki suatu jabatan |
15. Dalam menyelenggarakan suatu pendidikan profesional diperlukan suatu dasar hukum agar pendidikan tersebut sah keberadaannya. Dasar yang dipakai antara lain ...
A. Undang-undang tentang sistem pendidikan | |
B. Peraturan-peraturan tentang pendidikan profesi | |
C. Keputusan Mentri tentang suatu jabatan fungsional | |
D. Keputusan mentri tentang pendirian suatu program pendidikan |
16. Pendidikan perpustakaan yang didirikan tahun 1955 dengan lama belajar 2,5 tahun bernama . . .
A. Kursus Pendidikan Pegawai Perpustakaan | |
B. Sekolah Perpustakaan | |
C. Kursus Pendidikan Ahli Perpustakaan | |
D. Kursus Perpustakaan Ahli |
17. Untuk memasuki dunia kerja, seseorang akan mencari pekerjaan sesuai dengan . . .
A. upah yang diharapkan | |
B. waktu tempuh ke tempat kerja | |
C. pendidikan yang dimiliki | |
D. posisi yang diinginkan |
18. Salah satu usaha IPI dalam mengangkat derajat pustakawan Indonesia adalah ...
A. perpustakaan banyak didatangi pengunjung | |
B. perpustakaan mulai diperhitungkan didunia pendidikan | |
C. status pustakawan sebagai tenaga fungsional | |
D. status pustakawan sejajar dengan fungsional lainnya |
19. Batasan maupun standar yang mengatur pergaulan sesama pustakawan . . .
A. etika profesi informan | |
B. etika profesi salesman | |
C. etika profesi pustakawan | |
D. etika profesi dokumentalis |
20. Seseorang yang menjadi anggota Ikatan Pustakawan Indonesia, maka dalam pergaulannya mengikuti ...
A. kode etik kearsipan | |
B. kode etik informasi | |
C. kode etik arsiparis | |
D. kode etik pustakawan |
21. Pengawasan bibliografi di Indonesia diharapkan dapat berjalan dengan baik dengan dikeluarkannya undang-undang tentang . . .
A. jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya | |
B. serah simpan karya cetak dan karya rekam | |
C. pendirian perpustakaan nasional RI | |
D. pelaksanaan serah simpan karya rekan dan pengelolaan karya rekam flm |
22. Pemanfaatan koleksi perpustakaan secara bersama dengan cara saling meminjamkan koleksi berupa bahan asli, termasuk dalam kategori . . .
A. pemakaian ruang baca | |
B. pertukaran data bibliografi | |
C. pemanfaatan fasilitas yang ada di perpustakaan | |
D. silang layan |
23. Indonesian Digital Library Network (IndonesiaDLN), dikembangkan pertama kali di perpustakaan . . .
A. IPB | |
B. ITB | |
C. UNPAD | |
D. UGM |
24. Suatu kelompok manusia yang mempunyai kepentingan bersama dan mempunyai suatu hubungan timbal balik serta hidup di suatu tempat, merupakan pengertian dari . . .
A. masyarakat | |
B. perpustakaan | |
C. perpustakaan masyarakat | |
D. habitat |
25. Masyarakat belum cukup tahu tentang kegunaan perpustakaan, merupakan rendahnya respons dan perhatian masyarakat terhadap perpustakaan. Pernyataan tersebut merupakan kelemahan pengembangan perpustakaan dari segi . . .
A. internal | |
B. ekternal | |
C. pustakawan | |
D. lingkungan |
26. Kumpulan dari berbagai keanekaragaman produk dan jasa menjadi suatu aktivitas baru, pengertian informasi dari . . .
A. Setiarso | |
B. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi | |
C. Pawit M. Yusuf | |
D. The International Institute of Communication- UNESCO |
27. Berbagai faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan diantaranya adalah adanya berbagai...
1. jenis pembaca yang membutuhkan informasi yang berbeda | |
2. perbedaan intensitas intelektual (spesialist subjek) | |
3. jenis informasi yang terbit di seluruh dunia |
28. Tujuan suatu perpustakaan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan misi antara lain . . .
1. menyediakan bahan pustaka rujukan pada semua tingkat akademis | |
2. memenuhi keperluan informasi pegajar dan mahasiswa | |
3. menyediakan jasa peminjaman dan informasi aktif bagi pemakai |
29. Ciri tipe perpustakaan terotomasi adalah . . .
1. teknik operasional sudah menggunakan teknologi informasi (komputer) | |
2. koleksi masih berbentuk kertas | |
3. penelusuran informasi menggunakan kartu katalog |
30. Tugas pokok Perpustakaan Nasional RI sesuai dengan Keppres No. 50 tahun 1998 antara lain . . .
1. melaksanakan pembinaan atas semua jenis perpustakaan | |
2. melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan | |
3. melaksanakan layanan rujukan, informasi ilmiah dan penelitian |
31. Dalam Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI tahun 2001, fungsi Perpusnas RI antara lain ...
1. pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang perpustakaan | |
2. pelancaran dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah bidang perpustakaan | |
3. penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum |
32. Dalam rangka pembinaan terhadap tenaga prepustakaan maka Perpustakaan Nasional RI mempunyai tugas untuk. . .
1. menyusun kurikulum pendidikan dan latihan fungsional pustakawan | |
2. menyusun formasi jabatan pustakan | |
3. menetapkan standar kompetensi pustakawan |
33. Dalam rangka pembinaan berbagai jenis perpustakaan, Perpustakaan Nasional mempunyai beberpa komponen pembinaan dan pengembangan antara lain . . .
1. status perpustakaan | |
2. tenaga perpustakaan | |
3. koleksi perpustakaan |
34. Jabatan fungsional pustakawan bertujuan untuk ...
1. mengembangkan profesionalisme | |
2. membina karir pustakawan | |
3. pembinaan kepangkatan pejabat pustakawan |
35. Seorang pustakawan yang ingin mengembangkan karirnya, yang harus dilakukan adalah . . .
1. mengikuti seminar-seminar yang sesuai dengan latar belakang pendidikan | |
2. ikut aktif dalam organisasi profesi | |
3. ikut mengembangkan suatu jenis perpustakaan |
36. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu profesi antara lain ...
1. tingkat kebutuhan masyarakat | |
2. standar keahlian | |
3. kemampuan untuk berkembang |
37. Jenjang jabatan pustakawan sesuai dengan Keputusan MENPAN No. 3 tahun 1998 adalah . . .
1. Asisten Pustakawan | |
2. Pustakawan | |
3. Ajun Pustakawan |
38. Tugas pokok seorang Pustakawan Muda golongan III/c, antara lain . . .
1. membuat instrumen dlaam rangka survei minat baca | |
2. menetapkan hasil evaluasi penyiangan koleksi | |
3. melakukan bimbingan pemakai sumber rujukan |
39 Pendidikan nonformal bidang perpustakaan yang sering dilakukan baik oleh organisasi profesi maupun lembaga-lembaga perpustakaan lainnya berupa . . .
1. seminar | |
2. penataran | |
3. pelatihan |
40. Visi Ikatan Pustakawan Indonesia antara lain . . .
1. menjadi organisasi mandiri | |
2. dapat memenuhi tuntutan zaman | |
3. anggota IPI menjadi tenaga layanan informasi yang kompetitif |
41. Bibliografi khusus dikelompokkan lagi menurut . . .
1. bentuk terbitan | |
2. katagori terbitan | |
3. bibliografi regional |
42. Kerjasama antar perpustakaan banyak mengalami hambatan antara lain . . .
1. lemah koleksi | |
2. lemah ketenagaan | |
3. kurang informasi antarperpustakaan |
43. Hubungan perpustakaan dengan masyarakat dapat dilihat pada jenis Perpustakaan Umum, karena . . .
1. didirikan oleh masyarakat | |
2. digunakan oleh masyarakat tanpa memandang bulu | |
3. didanai oleh masyarakat |
44. Untuk menjadi masyarakat informasi elemen yang harus dimiliki dalam masyarakat tersebut antara lain . . .
1. tidak buta huruf | |
2. pemanfaatan komputer | |
3. infrastruktur telekomunikasi |
45. Tantangan yang harus dihadapi pustakawan sebagai penyedia informasi antara lain . . .
1. perkembangan teknologi informasi | |
2. kebutuhan akan ketrampilan tingkat tinggi | |
3. keraguan pengguna terhadap kemampuan pustakawan |
Sementara ini dulu, semoga bermanfaat dan membantu. Selamat Belajar
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.