Seo Magic Trick
Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web/blog anda secara cepat dan tak terbatas? Klik Di Sini atau Klik Di Sini

31 Jul 2011

Cara Mendaftar dan Memasang Google Analytics di Blog

Blog Ajang Software media berbagi ilmu, sedang membagikan artikel tentang Cara Mendaftar dan Memasang Google Analytics di Blog silahkan membaca Cara Mendaftar dan Memasang Google Analytics di Blog selengkapnya berikut ini:
Temen-temen bloger saya mencoba share satu dari sekian banyak tips bloger. Sebagai pemilik blog, sangat penting kiranya jika Anda bisa mengetahui atau memonitor serta menganalisa perkembangan blog Anda. Salah satu perkembangan blog yang sangat penting untuk diketahui dan dianalisa adalah berapa banyak pengujung yang datang, halaman mana saja yang sering diakses dan artikel jenis apa yang paling menarik minat pengunjung dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu kiranya kita memasang pencatat statistik pada blog kita. Salah satu alat pencatatat statistik untuk analisa blog yang sudah terkenal dan mungkin sudah Anda ketahui adalah Google Analytics. Google Analytics berada satu akun dengan akun Google Anda. Yang termasuk akun Google seperti Google Webmaster Tools, Gmail, Blogger, Google Adsense dan beberapa akun lainnya. Jadi, jika Anda sudah mempunyai salah satu akun tersebut, Anda tidak perlu lagi untuk mendaftar.
Bagaimana cara mendaftar Google Analytics?
Seperti yang saya sebutkan tadi, jika Anda mempunyai salah satu akun Google yang saya sebutkan tadi, Anda tidak perlu mendaftar lagi. Anda bisa menggunakan username dan password tersebut untuk bisa menggunakan Google Analytics. Jadi Anda bisa menuju ke Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics.
Untuk Anda yang belum mempunyai akun Google sama sekali, silahkan ikuti langkah-lang berikut untuk mendaftar Google Analytics:
1. Silahkan menuju Google Analytics terlebih dahulu.
2. Setelah masuk ke halaman Google Analytics dan halaman tersebut berbahasa Inggris, namun Anda tida begitu paham, silahkan diubah menjadi bahasa Indonesia dengan memilihnya melalui kotak dropdown yang Anda di atas halaman.
Ganti Bahasa
3. Selanjutnya, klik link Daftar Sekarang untuk mulai mendaftar ke Google Analytics.
Daftar
4. Pada halaman selanjutnya, klik Daftar Sekarang sekali lagi.
5. Setelah itu, lengkapi semua data mulai dari email, kata sandi (password), lokasi, serta masukkan verifikasi kata terkahir klik tombol yang bertuliskan “Saya menerima. Buat akun saya”.
Buat google account
6. Kemudian sebuah email konfirmasi akan dikirim ke alamat email yang Anda gunakan pada pendaftaran tadi. Untuk itu, bukalah email tersebut dan klik link konfirmasi yang ada pada email tersebut.

Kini akun Google Anda telah terverifikasi. Sekarang Anda sudah bisa menggunakannya untuk mengakses dan memasang Google Analytics di Blog. Selanjutnya, Anda mesti mendaftarkan blog Anda terlebih dahulu ke Google Analytics.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
Setelah Anda mempunyai akun Google, berarti kini Anda telah siap untuk memasang Google Analytics di Blog. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:
1. Silahkan menuju Google Analytics
2. Pada halaman Google Analytics, klik tombol Akses Analytics dan masukkan email dan password Google Account Anda.
3. Setelah itu, klik tombol Daftar pada halaman berikutnya.
Daftar ke Google Analytics
4. Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan data blog seperti URL, Nama Akun, Negara dan Zona Waktu. Lengkapi sesuai dengan data blog Anda dan klik tombol Lanjutkan.
Masukkan data blog
5. Selanjutnya, masukkan informasi kontak. Masukkan nama belakang, nama depan dan wilayah Anda. Kemudian klik Lanjutkan.
Informasi kontak
6. Pada halaman berikutnya, Anda akan menemukan persyaratan dan ketentuan dari Google. Berikan tanda cek (centang) pada “Ya, Saya menyetujui persyaratan dan ketentuan di atas. ” dan klik Buat Akun Baru.
7. Setelah itu, Anda akan diberikan kode pelacak Google Analytics yang selanjutnya harus dipasang pada blog. Copy kode tersebut dan simpan dulu pada sebuah file teks. Anda bisa menggunakan Notepad untuk membuat file teks tersebut.
Kode Google Analytics
Simpan dengan baik kode tadi karena nanti akan dipasang pada blog Anda. Kode ini diperlukan agar Google Analytics bisa mencatat setiap aktivitas yang dilakukan pengunjung di blog Anda.

Cara Memasang Google Analytics di Blog
Setelah Anda mendaftarkan blog ke Google Analytics dan mendapatkan kode tasi, kini saatnya Anda memasang Google Analytics ke blog. Berikut langkah-langkahnya:
1. Login ke Dashboard blog Anda dan klik Appearance » Editor.
2. Pada halaman Edit Themes, klik Footer (footer.php) disisi kanan jendela.
3. Setelah kode dari footer.php terlihat pada halaman editor, scroll ke bagian bawah dan cari kode
4. Setelah ketemu, copy kode Google Analytics yang Anda simpan tadi dan paste tepat diatas kode tadi. Pada gambar bisa Anda lihat, kode Google Analytics adalah kode yang di-highlight biru.
Pasang kode analytics
5. Simpan, file footer.php dengan mengklik tombol Update file.

Semuanya telah selesai sampai disini. Anda sudah selesai mendaftar dan memasang Google Analytics di blog Anda. Jadi, mulai sekarang Anda dapat menganalisa perkembangan blog Anda melalui Google Analytics.
Sekian trik dari saya tentang cara mendaftar dan memasang Google Analytics di Blog. Jika ada yang kurang, silahkan tambahkan memalui kotak komentar.
Semoga Bermanfaat
sumber:goib.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.