Seo Magic Trick
Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web/blog anda secara cepat dan tak terbatas? Klik Di Sini atau Klik Di Sini

7 Mar 2012

Simple Struktur Organisasi Perpustakaan

Blog Ajang Software media berbagi ilmu, sedang membagikan artikel tentang Simple Struktur Organisasi Perpustakaan silahkan membaca Simple Struktur Organisasi Perpustakaan selengkapnya berikut ini:

Bagi para mahasiswa UT yang baru saja melaksanakan PKP (Praktik Kerja Perpustakaan) yang sekiranya nanti setelah lulus akan terjun langsung perpustakaan, baik sekolah, umum maupun perguruan tinggi. Nah, sebelumnya perlu juga untuk mengetahui bentuk dan struktur organisasi perpustakaan. Struktur organisasi perpustakaan wajib kita ketahui agar dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Di sini saya memberikan contoh Struktur Organisasi Perpustakaan STAIN Tulungagung, yang menurut saya struktur organisasinya sudah baik.

Organisasi dianggap sebagai pengelompokan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai sasaran, penugasan seorang manajer dengan wewenang mengawasi, mengoordinasi, baik secara horizontal maupun vertical dalam keselurukan stuktur organisasi.
Struktur organisasi dirancang untuk hal-hal berikut ini:
1.    Memperjelas lingkungan sehingga semua orang tahu siapa yang harus melakukan dan siapa yang harus bertanggung jawab atas hasil.
2.         Menghilangkan penghalang dalam prestasi kerja yang disebabkan oleh kebingungan dan tidak tentuan pemberian tugas.
3.         Mengadakan jaringan komunikasi bagi pengambilan keputusan yang mencerminkan dan mendukung sasaran organisasi.­
Perpustakaan STAIN Tulungagung dikelola oleh 16 orang yang terdiri dari 3 pustakawan, 4 orang tenaga kependidikan (administrasi) dan 9 orang tenaga pendidik (dosen) yang diperbantukan di perpustakaan. Dari 16 orang tersebut dibagi dalam beberapa bagian antara lain : seorang kepala, bagian pengolahan koleksi / bahan pustaka, bagian sirkulasi, bagian administrasi, bagian referensi, bagian pengawasan, bagian absensi dan bagian selving (penataan kembali buku kedalam rak).

Di bawah ini dapat kita lihat Struktur Organisasi Perpustakaan STAIN Tulungagung:
 E. TENAGA
Staffing atau pengisian jabatan didefmisikan sebagai pengisian jabatan dalam struktur organisasi dengan cara mengidentifikasikan kebutuhan tenaga kerja, mendaftar tenaga kerja yang ada, merekrut, memilih, menempatkan, promosi, menilai, raemberi imbalan dan melatih orang yang diperlukan.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pengisian jabatan di perpustakaaan, yaitu sebagai berikut:
1.   Penyusunan rencana ketenagaan.
2.  Rekrutmen. 
3. Seleksi dan penempatan. 
4. Induksi dan orientasi. 
5. Pemindahan staf. 
6. Latihan dan pengembangan staf. 
7. Penilaian.
­
Sedangkan tenaga Perpustakaan yang ada di STAIN Tulungagung adalah sebagai berikut:
1.   Kepala Perpustakaan                            : Nurul Amin, M.Ag
2.         Pengolahan Koleksi                              : 1. Endang Rifngati, S.Sos
2.      Erma Awalien Rochman, A.Md
3.      Nany Sungkono Madayani, SS
4. Ida Isnawati, M.Pd.
3.  Administrasi                                         : 1. SaifulBahri, S.Ag
2. Dr. Eni Setyowati, MM
4.  Sirkulasi                                              :
a)  Peminjaman dan
Perpanjangan waktu pinjam             : 1. Anas Junaedi, ST
2. Lailatul Nikmah, S.Pd
b) Pengembalian                                   : 1. Samsul Huda, M.PdI
2. Jusuf Bachtiar, SS
5.  Referensi                                               : 1. Musrikah, M.Pd
2. Drs. Ali Lutfi
6.  Pengawasan                                          : 1. Dewi Asmarani, M.Pd
2. Maryono, M.Pd.I

7. Absensi dan Selving                              : Sriyono

Koleksi perpustakaan adalah sernua bahan pustaka yang dikumpulkan, diolah, dan disimpan untuk disebarluaskan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi mereka. Adapun tujuan peneyediaan koleksi perpustakaan adalah untuk menunjang pelaksanaan program lembaga induknya. Seperti halnya untuk perpustakaan perguruan tinggi maka tujuan penyediaan koleksi perpustakaaan adalah untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Oleh karena itu, koleksi perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya disajikan bagi para mahasiswa, pengajar dan peneliti, tetapi juga bagi masyarakat yang memerlukannya.

Koleksi Perpustakaan STAIN Tulungagung setiap tahun selalu mengalami perubahan dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Perkembangan STAIN Tulungagung dalam peningkatan kualitas dan perluasan program studi disetiap jurusan mengharuskan perpustakaan selalu menyediakan koleksi / bahan pustaka yang sesuai dengan program studi dan rasio jumlah mahasiswa yang ada.
Daftar Koleksi Perpustakaan STAIN Tulungagung adalah :




No
Nomor Klasifikasi
Jumlah Judul
Jumlah Koleksi
1
000
24
119
2
100
535
2.097
3
200
4.682
16.826
4
300
2.582
10.410
5
400
583
1.675
6
500
273
1290
7
600
474
1654
8
700
45
162
9
800
132
369
10
900
141
344
11
2x
4.228
15.590
Jumlah keseluruhan
13.699
50.536

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.